Arsip Berita

September 19, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Boikot Sawit Hanya akan Mempersulit Masalah

1 min read

Produk kelapa sawit yang dijual untuk masyarkat.

SEJUMLAH permasalahan diapungkan oleh Uni Eropa tentang industri kelapa sawit. Mulai dari deforestasi, emisi gas buang hingga bahayanya produk sawit bagi kesehatan manusia. Langkah itu mereka tunjukkan dengan upaya kembali menjegal masuk produk Crude Palm Oil (CPO) asal Indonesia di pasar Eropa.

Kalangan pengusaha sawit menilai boikot produk hanya akan memunculkan reaksi yang sama, yakni pembalasan boikot dan hal itu justru akan memperumit masalah. “Itu tidak menyelesaikan masalah. Satu memulai, satu membalas. Aksi reaksi. Itu hukum alam,” ujar Presiden Director PT Smart Tbk Daud Dharsono.

Pemboikotan produk kelapa sawit oleh sejumlah kalangan di Eropa tentu saja memicu kemarahan Indonesia sebagai produsen kelapa sawit terbesar di dunia. “Perlakuan Uni Eropa perlakuan terhadap palm oil itu diskriminatif. Indonesia pantas untuk feel upset,” ujar Director of Policy, Sustainability and Transformation WWF Indonesia Aditya Bayunanda.

Menurutnya, seharusnya Uni Eropa bisa bersikap lebih adil dengan tetap memperbolehkan produk-produk berstandar untuk masuk ke negara mereka. Banyak produsen yang saat ini telah menerapkan standar yang baik dan membuat industri berkelanjutan.

“Yang dibutuhkan adalah insentif pada good produsen. Sebetulnya kalau produsen sudah baik di lapangan, yang seperti ini menjadi pengecualian. Yang terjadi sekarang tidak fair kepada Indonesia,” ujarnya.

Apabila jika Uni Eropa berniat mengurangi emisi, maka seharusnya ada pembicaraan lebih lanjut dengan semua pihak terlibat. Misalnya, melalui forum diskusi yang memberikan ruang bagi semua pihak untuk saling memberi masukan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.