Arsip Berita

Oktober 28, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Vaksin Massal Terus Dipercepat di Wilayah Jabodetabek

2 min read
"Warga Jakarta tinggal daftar, pilih jadwal vaksinasi lewat aplikasi JAKI atau tinggal kunjungi ke website," kata Anies lewat akun Twitter pribadinya, Kamis (17/6).

Warga Depok sudah bisa mengikuti vaksin massal di sejumlah faskes.

Jakarta – Dalam rangka untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19, sejumlah daerah di Jabodetabek, kini telah menggelar vaksin untuk golongan keempat, atau warga di atas usia 18 tahun.

Kelompok masyarakat usia ini sudah mulai bisa mengikuti vaksin  seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang  telah membuka program vaksinasi gratis bagi seluruh warganya yang berusia di atas 18 tahun.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan warga bisa mengikuti program vaksinasi gratis lewat aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/id/vaksinasi.

Warga akan diminta memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) KTP, dan nama lengkap. Setelah itu, warga bisa memilih tanggal, jam, dan lokasi di setiap wilayah administrasi. Setiap harinya, vaksinasi digelar mulai pukul 8.00-12.00 WIB.

“Warga Jakarta tinggal daftar, pilih jadwal vaksinasi lewat aplikasi JAKI atau tinggal kunjungi ke website,” kata Anies lewat akun Twitter pribadinya, Kamis (17/6).

Ia meminta warga juga mengajak kolega, keluarga, atau teman untuk vaksinasi Covid-19. Warga yang telah mendaftar, akan mendapat informasi jadwal untuk datang ke sentra atau lokasi vaksinasi yang telah dipilih.

“Jadi daftar segera setelah daftar akan mendapatkan informasi, kapan bisa datang ke faskes untuk mendapatkan vaksinasi dan bisa memilih fasilitas kesehariannya,” ujar Anies,

Sentra vaksinasi umumnya digelar di setiap Puskesmas di setiap kelurahan. Beberapa lokasi tersebut juga membuka pendaftaran langsung di tempat dan melayani warga non-KTP DKI.

Warga dari luar DKI bisa daftar dengan menyerahkan bukti domisili atau pengantar dari kantor bagi karyawan. Kuota vaksinasi biasanya ditentukan setiap hari antara 100-150 kuota.

Hal sama juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok yang mulai melangsungkan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok pralansia (50 tahun ke atas).

Kebijakan ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Dinkes Kota Depok yang terbit pada 3 Juni 2021.  Warga berusia 18 tahun lebih juga dapat mengakses vaksinasi Covid-19, dengan syarat membawa serta 2 orang berusia pralansia/lansia.

Vaksinasi Covid-19 pralansia ini dilakukan di 23 rumah sakit, selain  38 puskesmas yang ada di Kota Depok, juga menyelenggarakan vaksinasi pralansia ini.

“Tata caranya bisa dilihat di media sosial (medsos) masing-masing RS. Sedangkan vaksinasi di Puskesmas dapat melalui hotline yang mereka miliki,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati.

Selanjutnya jadwal vaksinasi Covid-19 menyesuaikan masing-masing fasilitas kesehatan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita, menyatakan bahwa warga dengan KTP Kota Depok akan diutamakan.

Berikut daftar RS yang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 pralansia:

– RS Umum Tugu Ibu – RS Umum Puri Cinere – RS Umum Hermina Depok – RS Umum Meilia – RS Umum Bunda Margonda – RS Universitas Indonesia – RS Umum Mitra Keluarga Depok – RS Umum Bhayangkara Depok – RSUD Kota Depok – RS Umum Bhakti Yuda Depok – RS Ibu dan Anak Tumbuh Kembang – RS Umum Sentra Medika – RS Umum Graha Permata Ibu – RS Hasanah Graha Afiah – RS Umum Simpangan Depok – RS Ibu dan Anak Asyifa Depok – RS Ibu dan Anak Setya Bhakti – RS Jantung Diagram – RS Umum Permata Depok – RS Umum Citra Media Depok – RS Umum Citra Arafiq – RS Ibu dan Anak Bunda Aliyah – RS Brawijaya Bojongsari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.