Arsip Berita

Agustus 4, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Sambatan Jogja Cari Masukan Penanganan Covid-19

1 min read
Masukan dari gerakan kemanusiaan yang berfokus pada upaya membantu masyarakat rentan dan berisiko terkena dampak penyebaran Covid-19 di DIY tersebut dibutuhkan karena saat ini kasus positif terus saja bertambah signifikan.

Sri Sultan Hamengkubuwono X, meminta masukan masyarakat Jogya.

Yogyakarta – Tingginya kasus positif Covid-19 di DIY, membuat Sri Sultan HB X meminta masukan kepada Sambatan Jogja atau Sonjo. Gubernur DIY ini ingin agar  penanganan Covid-19 lebih baik lagi.

Masukan dari gerakan kemanusiaan yang berfokus pada upaya membantu masyarakat rentan dan berisiko terkena dampak penyebaran Covid-19 di DIY tersebut dibutuhkan karena saat ini kasus positif terus saja bertambah signifikan.

Data gugus tugas menunjukkan ada tambahan 414 kasus positif COVID-19 di DIY pada Jumat (29/01/2021). Total kasus positif COVID-19 di DIY tembus di angka 21.254 kasus.

“Masukan yang diberikan pertama kaitannya dengan pendataan, misalnya bagaimana pengelolaan data bed atau data ketersediaan shelter,” ujar Sekda DIY, Baskara Aji usai audensi di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (21/1/2021) siang.

Selain itu juga peningkatan screening misalnya lewat penggunaan GeNose yang dikembangkan UGM. Begitu pula pendirian posko tanggap Covid-19 di RT/RW dan kabupaten/kota.

Berbagai persoalan baik yang menjadi masukan akan menjadi bahan pembicaraan di pertemuan tatap muka minggu depan.  “Harapannya, teman-teman di kabupaten/kota, hingga di tingkat desa nantinya tidak ada keraguan lagi dalam mengeksekusi program-program penanggulangan COVID-19, termasuk yang diinstruksikan dari pusat,” paparnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pemda DIY, Berty Murtiningsih mengungkapkan Bantul paling banyak mencatatkan kasus baru, hingga 183 kasus. Disusul Kota Yogyakarta dengan 91 kasus, Sleman 87 kasus, Kulonprogo 39 kasus dan Gunung Kidul 14 kasus baru.

“Dari total penambahan kasus baru, paling banyak tracing kontak kasus positif yang mencapai 234 kasus,” ungkapnya.

Menurut Berty, untuk penambahan kasus sembuh di DIY tercatat ada tambahan sebanyak 210 kasus. Total kasus sembuh menjadi 14.425 kasus. “Untuk penambahan kasus meninggal sebanyak 3 kasus, sehingga total kasus meninggal menjadi 487 kasus,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.