Arsip Berita

Juni 15, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Pasokan Sawit Cukup untuk Green Diesel

1 min read

PASOKAN kelapa sawit nasional yang ada saat ini dinilai mencukupi untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar nabati, termasuk untuk memproduksi biodiesel 100% (B100)

“Tidak hanya B20, rencana pemerintah menerapkan biodiesel 100 persen masih dapat dicapai dengan produktivitas kelapa sawit nasional,” ujar Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjenbun) Kementerian Pertanian, Dedi Junaidi di Pekanbaru, Selasa (23/10/2018) sebagaimana dikutip RRI.

Dalam beberapa tahun ke depan, menurut Dedi, produksi minyak sawit bisa meningkat lebih tinggi lagi mengingat saat ini sudah dilakukan peremajaan terhadap kebun-kebun yang tidak lagi produktif. Setelah replanting, produktivitas akan meningkat.

Berdasarkan data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), produksi minyak sawit Indonesia pada kuartal I 2018 naik mencapai 24% dibandingkan periode yang sama 2017 atau dari 8,4 juta ton pada kuartal I 2017 naik menjadi 10,41 juta ton periode yang sama 2018.

Saat ini, produsen biofuel anggota Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) tercatat sudah memiliki 20 pabrik biodiesel dengan total produksi mencapai 2,6 juta kilo liter per tahun. Adapun, kapasitas produksinya bisa mencapai 12 juta kilo liter/tahun. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.