Arsip Berita

Juni 15, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

OJK Tingkatkan Kesadaran Pelaku UMKM untuk Antisipasi Ekonomi Pasca Pandemi

2 min read
OJK workshop

OJK gelar workshop ekonomi digital untuk UMKM

Batu-Malang – Otoritas Jasa keuangan (OJK) baru-baru ini menggelar workshop dengan tema “Pengelolaan keuangan dan potensi ekonomi digital pada UMKM Kota Batu di masa pandemi Covid – 19”.

Tujuan dari acara ini adalah memberikan kesadaran kepada masyarakat, khususnya di Kab. Batu, akan penting ekonomi digital saat ini. Pada masa pandemi, sekto0r perdagangan terutama UMKM merasakan kesulitan akibat pasar yang berkurang.

“Tujuan workshop ini adalah agar masyarakat sadar akan ekonomi digital dan pengelolaan keuangan dengan baik,” ungkap Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri di El Hotel Kartika Wijaya.

Menurut Sugiarto, pengusaha terkendala dengan lemahnya pasar. Misalnya wisatawan Kota Batu yang surut akibat pelancong luar daerah jumlahnya turun drastic. Ini membuat pelaku UMKM terdampak besar karena produksinya sulit terjual.

“Kalau tidak lewat digital saat ini sulit. Jika kita pergunakan teknologi sebaik mungkin, bahkan dari Batu pasti bisa berjualan sampai Papua,” ucapnya.

Sugiarto menjelaskan masyarakat kini sudah familiar menggunakan gadget untuk berbelanja. Fakta ini harus bisa antisipasi dengan perubahan perilaku usai pandemi. Beberapa aplikasi dan website diperkenalkan sebagai upaya penguatan sektor UMKM.

Aplikasi Baru OJK

Salah satu aplikasi fintech p2p (peer to peer) yang diawasi secara langsung oleh OJK siap untuk menyambut era baru itu. Dalam aplikasi ini, pengusaha bisa melakukan peminjaman uang secara aman dan dengan bunga yang rendah.

Aplikasi tersebut juga legal dan sudah terdaftar di pemerintah. Pelaku usaha bisa meminjamkan uang sebagai langkah investasi aman untuk tetap bertahan di masa sulit seperti sekarang.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga mulai menciptakan sebuah website pasar.id yang ditujukan untuk pengelola dan pedagang pasar. Aplikasi itu menghubungkkan pedagang dan pembeli tanpa tatap muka. Tentu cakupannya pun luas, meliputi seluruh Indonesia.

Peluang pendapatan omzet diyakini bakal lebih besar karena tidak terpengaruh secara langsung oleh imbas pandemi covid – 19. Pelaku UMKM pun menyambut baik. Mereka sangat mengapresiasi dengan adanya ilmu baru di worshop ini.

“Dampak pandemi sangat terasa bagi kami (UMKM). Informasi cara bertahan di masa sulit dan investasi aman seperti ini sangat dibutuhkan,” ujar salah satu pengusaha asal Punten, Yayuk Murniwati.

Acara tersebut dihadiri oleh 64 pelaku usaha Kota Batu. Diselenggarakan tanggal 3 sampai 4 November. Dengan pemateri Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri dan BRI Kanca Malang Soekarno – Hatta, Ety Retno Utami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.