Arsip Berita

September 26, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Malaysia Ikuti Jejak Indonesia Terapkan Mandatori Biodiesel

1 min read
Malaysia

Malaysia juga terapkan Biodiesel 10.

Setelah Indonesia menerapkan program manadatori Biodiesel 20, Malaysia pun tak mau ketinggalan. Negeri jiran yang selama ini sudah memproduksi Biodiesel 7, bersiap untuk meluncurkan program Biodiesel 10 pada November 2018. Kebijakan itu akan membuat konsumsi kelapa sawit untuk kebutuhan dalam negeri, baik Malaysia dan Indonesia akan meningkat.

Sebaliknya produk kelapa sawit (CPO) untuk pasar  internasional diperkirakan akan menurun. Hal ini akan membuat harga CPO yang selama semester pertama tahun 2018 ini tertekan akan rebound dan naik kembali ke harga yang diinginkan oleh para petani atau produsen.

Menurut Wakil Menteri Industri Primer Malaysia, Shamsul Iskandar Mohd Akin setelah bertemu dengan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Senin (28/8/2018) menyatakan  telah berbicara mengenai upaya meningkatkan harga minyak kelapa sawit (CPO) internasional. Sebagai dua negera utama pemasok CPO dunia, Indonesia dan Malaysia sangat berkepentingan agar harga CPO membaik. Apalagi setelah dihantam oleh kampanye negatif negara-negara Uni Eropa.

“Bila permintaan ditingkatkan, otomatis mengenai pasokan dan harga akan meningkat lebih baik,” kata Shamsul.  Tak hanya melalui peningkatan prosentase minyak nabati dalam bahan bakarnya, Malaysia juga berencana untuk memperlebar pasar. Salah satunya ke Afrika Utara dengan pertimbangan negara tersebut memiliki stabilitas dan akses ke pasar negara-negara di kawasan Mediterania atau Laut Tengah. Hal sama juga tengah dilakukan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) yang ingin mengekspor produk kelapa sawit ke Tunisia dan Maroko.

Samsul juga menyatakan pentingnya Malaysia dan Indonesia berkolaborasi untuk menjaga harga CPO internasional. Ajakan itu sudah disampaikan oleh Darmin yang ingin agar kedua negara berupaya meningkatkan harga CPO internasional. Salah satunya dengan mengembangkan petani sawit.

“Di Malaysia kita ada 650.000 small holder, di Indonesia lebih ramai lagi 4,5 million. Jadi kalau harga itu tidak meningkat dengan baik, akan memberi beban sosial ke negara dalam mengambil keputusan ekonomi,” katanya.  Saat ini harga CPO dunia di kisaran RM 2.233 per metrik ton, naik 1,55%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.