Arsip Berita

Juni 14, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Indonesia Hargai Usaha Rusia dalam Akses Pasar Sawit Berkelanjutan

1 min read
sawit berkelanjutan, Indonesia, Rusia,

Sejumlah pejabat hadir dalam Forum Bisnis Indonesia Rusia tentang Kelapa sawit berkelanjutan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa, Ratu Silvy Gayatri menghargai upaya pemerintah Rusia dalam akses pasar yang sawit berkelanjutan. Hal ini disampaikan Ratu Silvy saat menjadi pembicara dalam diskusi Kelapa Sawit yang gelar Forum Bisnis Rusia-Indonesia. Pernyataan tersebut disampaikan saat mengawali acara Festival Indonesia di KBRI Moskos, 2 hingga 5 Agustus 2018.

Dalam diskusi dengan tema “High Quality Indonesian Palm Oil: Application And Current Issues” juga menampilkan pembicara antara lain dari Indonesia Palm Oil Board, Sahat M Sinaga. Ada pula Perwakilan dari Indonesian Palm Oil Association Joko Supriyono serta Indonesia Palm Oil Society Darmono Taniwiyono.

Kerja sama Indonesia dan Rusia dalam akses pasar berkelanjutan ini juga mengikutsertakan para pemangku kepentingan di Rusia, khususnya, menangani kampanye hitam di kelapa sawit Indonesia. Ratu Silvy Gayatri mengatakan kebijakan Indonesia tentang minyak sawit berkelanjutan memainkan peran penting dalam pembangunan Indonesia. Kelapa sawit selama ini berdampak langsung terhadap kesejahteraan rakyat.

Sawit Berkelanjutan Kurangi Kemiskinan

Kelapa sawit disebut berperan signifikan dalam pengentasan kemiskinan, sebagai sumber penghasilan untuk sekitar 4,2 juta lapangan kerja langsung. Selain itu juga meningkatkan mata pencaharian sekitar 2,3 juta keluarga petani. Alasan ini membuat, Pemerintah RI dan badan usaha di Indonesia memandang bahwa kerja sama dengan Rusia dalam sektor sawit berkelanjutan penting. Kerja sama ini perlu dipromosikan lebih lanjut.

Indonesia, produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia, melihat bahwa kelapa sawit sebagai bisnis yang serius. Pemerintah RI pun sudah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk industri minyak sawit berkelanjutan dan mengatasi tantangan lingkungan yang dihadapi sektor ini.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono mengakui Indonesia perlu dan berkepentingan dalam memproduksi minyak kelapa sawit yang berkelanjutan.  Joko Supriyono berpandangan Indonesia harus berupaya untuk meningkatkan standar industri kelapa sawit sesuai dengan ISPO. Terlebih perdagangan minyak kelapa sawit antara Indonesia dan Rusia trendnya naik namun pada akhir-akhir ini ada penurunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.