Arsip Berita

September 26, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Indonesia akan Gunakan Tracing Digital Seperti Singapura dan Korsel

1 min read

Airlangga Hartarto, Ketua KPCPEN.

JAKARTA – Aplikasi PeduliLindungi akan terus didorong untuk digunakan sebagai alat dalam melakukan screening bagi masyarakat yang akan melakukan mobilitas selama pandemi COVID-19. Misalnya saat seseorang ingin melakukan perjalanan udara, kereta api dan sebagainya.

Bahkan aplikasi ini dapat digunakan sebagai Venue Check-in untuk masyarakat yang akan melakukan aktivitas atau memasuki tempat-tempat umum seperti mal, restoran, toko, bandara, stasiun, tempat wisata, dan lain-lain.

Cara ini menurut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto diperlukan dalam upaya pemerintah untuk terus menggenjot Testing, Tracing, dan Treatment (3T) dan menambah ketersediaan fasilitas layanan kesehatan.

“Hal ini sudah umum diberlakukan di beberapa negara seperti Singapura, Korea, Jepang dan negara yang lain,” ujar Airlangga dalam acara Evaluasi Penerapan PPKM Berjengjang di CNN Indonesia, Kamis (29/7/2021).

Secara sederhana, jika seseorang ingin  memasuki tempat umum, maka wajib menunjukkan kartu vaksin. “Namun kita nanti akan pakai aplikasi QR Code, dimana semua toko atau restoran itu meminta QR Code yang datanya sudah terintegrasi secara nasional, antara di Kemenkes, termasuk juga aplikasi Silacak, untuk testing dan tracing, termasuk juga yang mereka sudah melakukan vaksinasi,” tutur Airlangga.

Digital tracing atau pelacakan digital juga menjadi upaya pemerintah untuk mengidentifikasi dan mendeteksi masyarakat melalui lacak data lokasi dan informasi secara digital.

Aplikasi ini dihubungkan dan terintegrasi dengan sistem dan database yang ada di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan dengan menggunakan QR Code akan bisa melacak data masyarakat yang sudah tervaksinasi dan hasil Testing (Tes PCR atau Swab Antigen).

Untuk memperkuat 3T, utamanya dalam meningkatkan Tracing, pemerintah mendorong penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk pelaksanaan Digital Tracing, dan penggunaan Aplikasi Silacak untuk meningkatkan Tracing yang akan dilakukan para Tracer di daerah, terutama dari Babhinsa dan Bhabinkamtibmas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.