Arsip Berita

September 19, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

China Perbanyak Sawit Indonesia

1 min read

PERANG dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS) berimbas positif bagi Indonesia. China mengurangi impor kedelai dari AS dan berencana mengalihkannya ke impor kelapa sawit dari Indonesia.

Rencana ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat berkunjung ke Beijing, belum lama ini. “Kami bilang kalau butuh sawit, kami tambah lagi. Mereka kelihatannya setuju,” kata Luhut sebagaimana diberitakan Antara, (15/4/2018).

Luhut berharap rencana penambahan impor sawit dari Indonesia bisa diumumkan secara resmi oleh PM China saat melakukan kunjungan ke Indonesia pada 6 Mei 2018. Nilai impor kelapa sawit China dari Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan secara signifikan.

Pada akhir tahun lalu, impor kelapa sawit China dari Indonesia mencapai 3,73 juta ton, naik dibanding 2016 sebanyak 3,23 juta ton. “Kalau China setuju peningkatan impor sawit maka akan banyak membantu 16 juta petani kita,” tutur Luhut.

Dalam rangkaian kunjungan kerja ke China pada 12-14 April 2018, Luhut bertemu Perdana Menteri Li Keqiang, Penasihat Pemerintah sekaligus Menteri Luar Negeri Wang Yi, dan sejumlah pejabat Kementerian Perdagangan (Mofcom), Komisi Nasional Pembangunan dan Reformasi (NDRC), Bank Pembangunan China, serta para pengusaha setempat. Luhut menyampaikan bahwa dalam perang dagang China-AS ini, posisi Indonesia tetap netral. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.