Arsip Berita

September 19, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Bibit untuk Peremajaan Sawit Tersedia Banyak

1 min read

KETERSEDIAAN bibit kelapa sawit saat ini sudah mencukupi bahkan melebihi kebutuhan untuk peremajaan (replanting) perkebunan kelapa sawit rakyat. Menurut Direktur Pemasaran Hasil Perkebunan Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Junaedi, bibit untuk program peremajaan (replanting) kebun sawit rakyat tersedia lebih banyak dari kebutuhan, mencapai lebih dari 35 juta batang.

Karena itu, seharusnya peremajaan kebun sawit rakyat yang ditargetkan mencapai 185 ribu hektare (ha) hingga akhir tahun 2018 dapat terealisasi.

Dari sekitar 17 perusahaan benih, kemampuan untuk menyediakan benih untuk peremajaan 185 ribu hektare lahan sawit rakyat sangat memadai, malahan bisa berlebih. “Artinya, ada bibit yang siap digunakan dan tinggal realisasi. Termasuk dari anggaran dan proses administrasinya,” kata Dedi saat dihubungi Investor Daily, Kamis (21/6/2018).

Data Ditjen Perkebunan Kementan menunjukkan, produksi bibit kelapa sawit siap tanam tahun 2018 tersedia sebanyak 35.208.367 batang. Bibit tersebut diproduksi oleh sekitar 13 produsen bibit kelapa sawit nasional. Sementara, kebutuhan bibit untuk peremajaan sawit rakyat tercatat sekitar 27.750.150 benih. ***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.