Arsip Berita

Desember 2, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Arinal Djunaidi: Dua Tahun Kepemimpinan Jokowi -Ma’ruf Amin Penanganan Pandemi Covid-19 Jadi Fokus Utama

2 min read

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi apresiasi kinerja Presiden Joko Widodo.

Jakarta – Selama masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, diakui pemerintah lebih sibuk menangani masalah pandemi Covid-19 di Indonesia. Hal sama juga berlaku bagi Gubernur Lampung 2019-2024, Arinal Djunaidi, yang mengalami hal sama di Lampung.

Dalam masa itu, pemerintah harus menerapkan kondisi darurat kesehatan. “Ini memang penting atau mau tidak mau harus dilakukan oleh pemerintah, untuk menangani pandemi agar tidak semakin meluas,” kata Arinal.

Sebagai presiden, begitu pula kelapa daerah seperti dirinya, maka harus membuat kebijakan di sektor kesehatan untuk bisa menangani pandemi tersebut. “Akan tetapi, ekonomi tidak boleh dilupakan begitu saja. Karena dua hal ini terhubung,” kata  Arinal, yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung.

Dalam kondisi seperti itu, diakui Arinal bukan suatu yang mudah, bahkan sangat sulit. Namun dalam masa dua tahun ini, ia justru melihat pemerintah bisa mengatasinya dengan baik, kalau tidak dapat dikatakan sempurna.

Bagi Arinal, penanganan pandemi Covid-19 ini akhirnya menjadi kinerja yang harus ditunjukkan oleh pemerintah, termasuk dirinya di Lampung. Namun ia juga mengakui, bahwa pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. “Harus dilakukan koordinasi dengan semua pihak, misalnya semua unsur keamanan TNI dan Polri, alim-ulama, bupati dan wali kota termasuk juga masyarakat sendiri,” ujar Arinal.

Kondisi saat ini, pengendalian dan penanganan pandemi Covid-19, terbukti sudah membaik. Jokowi menurut Arinal mampu membawa Indonesia sebagai negara terbaik dalam penanganan pandemi di Asia Tenggara. Sementara Lampung sendiri, menjadi provinsi terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19 level 1 di Indonesia.

Dalam hal peranan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam  pemerintahan Jokowi, Arinal melihat bahwa Airlangga telah mampu mengkoordinasikan penanganan Covid-19 dengan daerah secara baik.

Airlangga juga dinilai sukses saat mengomando penanganan Covid-19 di luar Jawa -Bali. Terbukti sudah tidak ada lagi wilayah atau provinsi yang menerapkan PPKM Level 4. Bahkan kini banyak daerah yang sudah menerapkan PPKM level 1. ”Ini bukti kesuksesan beliau menangani pandemi di daerah-daerah yang selama ini fasilitas kesehatannya juga belum sempurna,” ucap Arinal.

Bahkan Airlangga juga dinilai makin memajukan perekonomian nasional, meski harus menghadapi pandemi Covid-19. “Soal ekonomi beliau ini memberikan banyak fasilitas dan konsep yang bisa kami terapkan di Lampung sendiri. Misalnya pengembangan produk ekonomi dari hasil di hulu ke hilir. Produksi kopi, coklat, kini harus mulai dikembangkan di sektor hilir, seperti bubuk kopi dan coklat,” ucap Arinal.

Berbekal pengarahan itu kini Lampung mulai melaksanakan produksi seperti yang dimaksudkan oleh pemerintah pusat. Lampung kini berharap tidak lagi menjual produk pertanian dari hulu, namun sudah menjadi produk hilir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.