Arsip Berita

September 26, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Airlangga Hartarto Senang, Dunia Usaha Kembali Bergairah

2 min read

Airlangga Hartarto sangat senang dunia usaha kembali bergairah.

Jakarta – Tren positif pemulihan ekonomi nasional terus berlanjut. Dunia usaha yang sedang dalam fase ekspansi makin terdorong oleh keyakinan atas perbaikan kondisi ekonomi. Berbagai bidang usaha terus menggeliat. Terkini, pemerintah memperkenankan beroperasinya kembali mal-mal dan pusat perbelanjaan, mal-mal, walau sementara masih terbatas hanya di empat kota besar: Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya. Ke depannya, tentu harapannya di banyak kota lagi. Mal-mal dan pusat perbelanjaan, bagamanapun banyak menampung UMKM.

Bisa dipahami tentunya jika hal itu menggembirakan Menko Perekonomian Airlangga Hartaro. Menurut Menko Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) tersebut, pemerintah meyakini dengan kondisi yang sudah semakin kondusif, maka ada kepercayaan dari dunia usaha untuk memulai aktivitasnya kembali. Geliat dan kagairahan dari dunia usaha ini tentunya diharapkan dapat memberikan multiplier effect pada perekonomian Indonesia.

Sebagaimana ramai diberitakan, kebijakan pemerintah membuka mal-mal dan pusat perbelanjaan mal di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Semarang selama PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 4, yakni 10-16 Agustus 2021, dinilai mampu meringankan beban pengusaha. Kendati pengelola mal di empat kota tersebut dibatasi menerima pengunjung maksimal 25 persen dari total kapasitas.

Pelonggaran yang diberikan saat ini sedikitnya dapat meringankan beban berat kondisi usaha sector mal dan pusat perbelanjaan di Indonesia, karena pandemic Covid-19 yang telah dialami lebih dari selama satu setengah tahun. Lebih dari lima pekan terakhir ini, yaitu selama pemberlakuan PPKM Darurat dan PPKM berdasar level, mal-mal dan pusat perbelanjaan tidak diperkenankan beroperasi.

Dari keterangan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, ada sejumlah persyaratan yang ditentukan pemerintah untuk uji coba pembukaan mal dan pusat perbelanjaan di empat kota ini. Syarat itu meliputi pengunjung yang masuk ke mal dan pusat perbelanjaan itu harus menunjukkan kartu vaksin Covid-19. Selain itu, pengunjung di bawah usia 12 tahun dan di atas 70 tahun dilarang masuk. Kebijakan terkait pembukaan pusat-pusat perbelanjaan di empat kota ini akan dievaluasi secara berkala, sebagai bagian dari evaluasi penerapan PPKM Level 4 di wilayah Jawa dan Bali.

Kalangan dunia usaha, khususnya pengelola pusat perbelanjaan, tentunya berharap berharap kebijakan perpanjangan PPKM efektif sehingga mal dan pusat perbelanjaan di wilayah lain di luar Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Bandung dapat beroperasi. Sehinga ke depannya semua mal dan pusat perbelanjaan di Indonesia dapat beroperasi paling tidak sama seperti pada saat pemberlakuan PPKM mikro.

Meski kapasitas pengunjung mal dan pusat perbelanjaan itu dibatasi, para pelaku usaha menyambut baik. Seluruh pengelola mal dan pusat belanja di kota-kota yang memperoleh relaksasi sudah jauh-jauh menyiapkan pembukaan operasional. Semua orang yang hendak masuk ke mal dan pusat perbelanjaan pemeriksaannya dilakukan dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Jelas bahwa dengan diperbolehkannya kembali mal-mal dan pusat perbelanjaan beroperasi, walau saat ini terbatas masih di empat kota, ,maka banyak sektor usaha nonformal skala mikro dan kecil yang berada di sekitar mal dan pusat perbelanjaan juga akan tertolong dari kesulitan yang mendera mereka selama ini. Di sisi lain, persyaratan wajib vaksinasi bagi siapa saja yang berada di mal dan pusat berbelanjaan dapat mendorong percepatan vaksinasi yang mana pada akhirnya dapat mempercepat pencapaian herd immunity. Sehingga, Indonesia segera dapat juga keluar dari krisis kesehatan yang sudah berlangsung lebih dari satu setengah tahun ini. (ary j)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.