Arsip Berita

Mei 12, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Airlangga Hartarto: Indonesia Butuh Tiga Tahun Kembangkan B100

1 min read
airlangga hartarto, biodiesel

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yakin Biodiesel 100 bisa terwujud dalam tiga tahun.

Menteri perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan penerapan biodiesel 100% (B100) masih memerlukan waktu hingga sekitar tiga tahun lagi. Menurutnya guna mendukung penerapan itu masih diperlukan pembangunan pabrik baru lagi di sejumlah daerah di Tanah Air.

Pembangunan pabrik green diesel atau Biodiesel 100 ini diperlukan guna memasok kebutuhan akan biodiesel tersebut. Pabrik B100 ini tentu berbeda dengan pabrik B20 yang sudah ada saat ini.

“Biodiesel 100 itu sama dengan BBM dengan standar Euro 4. Jadi untuk Biodiesel 100 itu maka mesin tidak perlu dimodifikasi lagi. Kemudian spesifikasinya sudah cocok dengan Euro 4. Tapi untuk membangun B100 itu prosesnya harus ada pabrik green diesel yang baru dan itu prosesnya akan makan waktu sekitar 2-3 tahun, ” papar Airlangga di Gedung BEI Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Kemenperin juga menyatakan, penerapan biodiesel 100% (B100) bakal memberikan sumbangan bagi cadangan devisa yang lebih besar dibandingkan penerapan B20. B100 diyakini semakin menghemat pengeluaran uang negara lantaran mampu menekan impor solar. “Kita semnetara punya 16 juta kilo liter yang non PSO saja, jadi savingnya besar sekali,” tutur Airlangga Hartarto.

Airlangga Hartarto Optimistis

Airlangga menegaskan dengan adanya deklarasi kesiapan untuk penggunaan B20 oleh para pelaku industri otomotif maupun alat berat di pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) adalah angin segera. Selanjutnya, kata Airlangga, diharapkan hal ini mampu menjadi penyemangat untuk menuju penerapan penggunaan B100.

“Jadi B20 kan dilaksanakan yang non PSO lalu kemarin yang PSO, jadi semuanya B20 bisa dilaksanakan, apalagi Perpres-nya sudah ada. Kemudian dibuat program ke B100,” tambahnya.

Sebelumnya, Menperin Airlangga Hartarto juga sempat mengatakan bahwa ia optimistis Indonesia bakal menerapkan biodiesel 100% (B100). Apalagi setelah pihaknya menyelesaikan aturan penggunaan B20 baik public service obligation (PSO) maupun non-PSO. Penerapan B100 pada masa mendatang penting untuk dilakukan, karena dengan masuk ke Euro4 maka nilai nominal yang bisa dihemat pemerintah juga bakal lebih besar dari pada penerapan B20 yang kini juga sedang didorong pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.