Arsip Berita

Oktober 27, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Usaha dan Kerja Keras Pemerintah dalam Program Vaksinasi Harus Didukung Masyarakat

2 min read

Masyarakat harus bisa bekerja sama mendukung program vaksinasi pemerintah.

Jakarta – Vaksin  Covid-19 benar-benar menjadi game changer selama pandemi ini. Program ini bukan saja telah menurunkan penularan  namun juga menurunkan kasus positif yang sangat drastis. Kondisi ini telah membuat perekonomian Indonesia semakin pulih.

Melihat manfaat besar dari program vaksinasi itu, Pemerintah Indonesia mengharapkan seluruh elemen masyarakat dapat mendukung vaksinasi COVID-19 di Tanah Air untuk menciptakan kekebalan kelompok dan mempercepat pemulihan ekonomi bangsa.

“Kita berharap semua masyarakat tentunya dapat mendukung vaksinasi sebagai upaya bersama untuk dapat keluar dari pandemi COVID-19 ini. Ini akan membangkitkan aktivitas perekonomian kita semua,” kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid dalam Siaran Pers PPKM virtual di Jakarta, Rabu, 29 September.

Nadia menuturkan pemerintah menyayangkan aksi yang terjadi di Desa Padang Baru di Provinsi Aceh yang berujung ricuh dan membubarkan petugas vaksinasi.

Ia berharap pemerintah daerah dapat lebih mendorong upaya sosialisasi dan edukasi yang dapat melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat untuk memberikan pemahaman yang lebih baik lagi kepada masyarakat terkait bahaya COVID-19 dan pentingnya untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19.

“Kita tidak ingin lalai dan lengah sehingga kita kembali harus menghadapi lonjakan kasus COVID-19,” ujar Nadia.

Diberitakan sebelumnya oleh Antara, ratusan warga di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh, membubarkan petugas vaksinasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya.

Informasi yang diperoleh wartawan di Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh, Selasa (28/9), pembubaran paksa oleh para nelayan dan pedagang ikan (moge ungkoet) itu terjadi sekitar pukul 08:30 WIB.

Para pedagang ikan dan nelayan daerah itu merasa kesal dan marah, atas kedatangan petugas vaksinasi di PPI Ujung Serangga Susoh.

Mereka merasa, pascakedatangan petugas vaksinasi ke PPI Ujung Serangga, dagangan mereka menjadi sepi pembeli.  Padahal kondisi sepinya pasar, belum tentu karena adanya vaksinasi. Berbagai macam penyebab bisa timbul.

Kondisi ini tentu sangat disayangkan. Ketidakpahaman masyarakat telah membuat program pemerintah menjadi terganggu. Di sinilah perlunya pendekatan harus kepada masyarakat harus dilakukan oleh pemerintah daerah.

Mulai dari merangkul tokoh-tokoh adat, agama, dan publik figur mesti dilakukan   oleh pemerintah daerah seperti di Aceh. Penyuluhan bahwa vaksin menjadikan seseorang akan lebih terlindungi dari Covid-19. Bukan justru sebaliknya.

Anggapan yang keliru tentang vaksin ini harus dinetralkan, atau diperbaiki. Pentingnya peran Penyuluh kesehatan juga menjadi kunci dalam program vaksinasi ini.

Khusus  di Aceh, pelibatan tokoh-tokoh agama dan tokoh adat menjadi sangat penting. Di tengah masyarakat yang masih memandang tinggi posisi tokoh agama dan adat, maka pendapat mereka lebih di dengar.

Target pemerintah untuk melakukan vaksinasi terhadap 208 juta orang bukanlah pekerjaan yang  gampang. Butuh kerja sama yang sangat tinggi dari masyarakat. Terlebih masyarakat yang terdiri dari berbagai suku, agama dan tersebar di daerah-daerah pelosok yang informasi tidak mudah didapatkan.

Bank Dunia sendiri sudah memuji sukses Indonesia saat mampu mencapai tonggak vaksin 100 juta orang pada awal September lalu. Bank Dunia mengakui, jika melihat kondisi Indonesia yang sangat luas dengan masyarakat majemuk di pelosok daerah, mencapai tonggak itu sangat sulit.

Sementara Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto targetkan vaksinasi 80 persen dari target pada akhir 2021. Ini bisa tercapai jika terdapat kerja sama dari masyarakat semua.

Tanpa adanya partisipasi aktif dari masyarakat untuk secara sukarela mengikuti vaksin ini, maka akan sulit untuk mencapai target tersebut. Bahkan taget herd imunity yang ingin diciptakan pemerintah.

Turunnya kasus Covid-19 di Indonesia sendiri, selain dari kedisiplinan masyarakat melaksanakan 3M, juga berkat  vaksinasi yang diselenggarakan pemerintah. Oleh karena kesadaran masyarakat benar-benar dituntut agar pandemi segera bisa diakhiri di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.