Arsip Berita

April 17, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Vaksin Novavax Dilklaim Memiliki Efikasi 89,3 Persen dan Mudah Disimpan

1 min read
Di bawah Budi Gunadi, kontrak dengan Novavax diteken. Penandatanganan perjanjian pembelian sebanyak 50 juta dosis vaksin Covid-19 diteken oleh Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir, pada akhir tahun 2020.
novavax, vaksin,

Vaksin Novavax memiliki efikasi yang lebih baik dibandingkan Sinovac.

Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sudah menetapkan tujuh vaksin yang akan digunakan dan berlaku di Indonesia dalam program vaksinasi 2021. .

Vaksin tersebut adalah vaksin diproduksi oleh PT Bio Farma (Persero), AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, Novavax Inc, Pfizer Inc. and BioNTech, dan Sinovac Life Sciences Co., Ltd..

Tujuh nama tersebut adalah jenis-jenis vaksin COVID-19 yang dapat digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi di Indonesia.

Sebelumnya, Menkes terdahulu Terawan Agus Putranto, tidak menyertakan Novavax sebagai salah satu jenis vaksin yang akan digunakan di Indonesia.

Di bawah Budi Gunadi, kontrak dengan Novavax diteken. Penandatanganan perjanjian pembelian sebanyak 50 juta dosis vaksin Covid-19 diteken oleh Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir, pada akhir tahun 2020.

Vaksin Novavax yang akan digunakan di Indonesia, diklaim 89,3 persen efektif melindungi orang dari gejala Covid-19. Prosentase itu merupakan hasil analisis sementara dari studi Fase 3 di Inggris.

Studi tersebut menilai ada kemanjuran penggunaan vaksin Novavax selama periode penularan tinggi dan varian baru yang muncul dan beredar luas di Inggris. Hasil uji coba itu menemukan 62 infeksi dari 15 ribu relawan.

Vaksin Novavax yang bernama NVX-CoV2373 dikembangkan dengan teknologi nanopartikel rekombinan. Teknologi ini mengambil protein yang dikodekan dari urutan genetik lonjakan protein virus corona SARS-CoV-2. Protein ini direproduksi dari sel serangga.

Meski berasal dari urutan genetik SARS-Cov-2, NVX-CoV2373 mengandung antigen protein yang dimurnikan dan tidak dapat bereplikasi, serta tidak bisa menyebabkan infeksi Covid-19. Vaksin tersebut menghasilkan antibodi dalam jumlah yang sangat tinggi dalam uji klinis awal.

Dibandingkan vaksin Moderna dan Pfizer/BioNTech, vaksin buatan Novavax disebut lebih mudah didistribusikan dan disimpan. Sebab, vaksin tersebut dapat stabil dalam lemari es hingga tiga bulan.

Namun hingga saat ini, vaksin Novavax tersebut belum datang ke Tanah Air. Sehingga program vaksinasi yang saat ini sudah berjalan masih menggunakan vaksin Sinovac.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.