Arsip Berita

Agustus 1, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Vaksin AstraZeneca Akhir November 2020 akan Tiba di Tanah Air.

2 min read
vaksin astrazeneca

Vaksin AstraZeneca akan siap digunakan pada akhir taun 2020.

Jakarta – Upaya pemerintah lewat Komite PCPEN (Penanggulangan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi Nasional) dalam pengadaan vaksin anti covid-19 masih sesuai rencana dan jadwal. Bahkan hingga kini ketua KPCPEN Airlangga hartarto menyatakan pemerintah tidak membatalkan pembelian vaksin asal Inggris tersebut.

Airlangga juga menambahkan jika pemerintah akan mendatangkan vaksin pada akhir November 2020 dan tidak ada rencana pembatalan pembelian dari vaksin AstraZeneca.

Pernyataan Menko Perekonomian Airlangga  Hartarto soal klarifikasi pembatalan itu sekaligus menerangkan bahwa Indonesia membutuhkan banyak vaksin yang harus disediakan oleh beberapa sumber produsen vaksin di dunia. Ia juga menegaskan jika pengadaan vaksin tetap menjadi prioritas.

Vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Oxford dan AstraZeneca diperkirakan siap digunakan di akhir tahun atau di akhir Desember. Saat ini vaksin COVID-19 AstraZeneca disebut tinggal menunggu persetujuan dari regulator seperti BPOM (badan Pengawas Obat dan Makanan) dan MUI (Majelis Ulama Indonesia).

“Otoritas regulasi terus bekerja dengan data kami. Jika mereka cepat saat kami siap, kami bisa mulai memvaksinasi orang pada Januari, mungkin pada akhir Desember,” kata CEO AstraZeneca Pascal Soriot dikutip dari SCMP.

Seperti yang diketahui, perusahaan farmasi asal Swedia ini bekerja sama dengan Universitas Oxford di Inggris untuk memproduksi vaksin COVID-19 yang dianggap sebagai salah satu kandidat vaksin yang potensial untuk mengakhiri pandemi.

Vaksin tersebut memasuki uji coba fase ketiga pada bulan September. Uji klinis sempat dihentikan sementara karena masalah kesehatan dengan peserta di Inggris, tetapi tak lama kemudian, uji klinis dilanjutkan.

Sudah ada beberapa negara yang ‘mengamankan’ dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca termasuk Uni Eropa, Amerika Serikat, Brasil, Inggris, dan Jepang. Mereka telah menandatangani kontrak awal dengan AstraZeneca untuk pengiriman vaksin jika telah disetujui.

Indonesia sudah menyatakan setuju untuk menjalin kerja sama pengadaan vaksin AstraZeneca. Indonesia menyatakan permintaan akan kandidat vaksin dari AstraZeneca untuk pengadaan sebesar 100 juta dosis pada 2021.

Jika sesuai rencana yang ada maka di Indonesia akan dilakukan imunisasi dengan vaksin ini pada akhir tahun 2020. Tindakan cepat ini dilandasi keinginan pemerintah agar masyarakat segera bisa melewati pandemi Covid-19 dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.