Arsip Berita

September 26, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Vaksin, 3M dan 3T, Resep Mujarab Tangkal Pandemi COVID-19

2 min read

Vaksin Sinovac, terus berdatangan ke Indonesia.

JAKARTA – Vaksin COVID-19, terbukti memang menjadi game changer selama masa pandemi ini. Vaksin dianggap menjadi “obat mujarab” untuk menangkal penularan virus yang muncul pertama di Wuhan, China itu.

Di banyak negeri, seperti Inggris, vaksinasi sudah mencapai tahap dikatakan sebagai herd immunity. Meski masih dilaporkan terdapat beberapa kasus positif baru, namun jumlahnya sudah tidak banyak.

Di Indonesia, seperti di Jakarta vaksinasi dosis pertama bahkan sudah melampaui 100 persen dari target. Sementara di dosis kedua, diperkirakan sudah mencapai 50% dari targetnya.

Saat ini, vaksin dosis pertama di Indonesia sudah disuntikkan untuk 62,294,896. Sementara untuk dosis kedua sudah mencapai  35,314,460. Total sudah terdapat sekitar 107 juta orang yang sudah divaksin.

Hal ini terbukti berpengaruh langsung terdapat penambahan kasus positif di Jakarta yang relatif turun. Bahkan Jakarta kini sudah memasuki PPKM Level 3.

Ini sebuah gambaran, bagaimana vaksin dapat meredam penularan. Bahkan jika yang sudah divaksin, terpapar virus COVI-19, efeknya cenderung ringan dan tak mengakibatkan dampak yang fatal.

Melihat hasil positif itu, maka pemerintah terus menggenjot program percepatan vaksinasi COVID-19 ini. Pemerintah secara konsisten terus berusaha mendatangkan vaksin dari luar negeri.

Tahun depan, rencananya vaksin Merah Putih juga siap untuk diluncurkan. Ini akan menandai babak baru program vaksinasi di Tanah Air.

Kabar terbaru, Presiden Joko Widodo menyatakan hingga bulan Desember 2021 pemerintah telah mendapatkan sebanyak 331.675.000 dosis vaksin COVID-19. Vaksin ini akan datang secara bertahap yang dimulai sejak bulan Agustus.

Jokowi juga menjelaskan bahwa upaya tersebut merupakan cara pemerintah untuk mempercepat proses vaksinasi agar penyebaran pandemi COVID-19 bisa segera ditangani.

“Selanjutnya kita juga akan mendapatkan tambahan vaksin selama Agustus sampai Desember 2021 yaitu sebesar 331.675.000 dosis. Dengan rincian 258.675.000  yang sudah pasti dan 73 juta yang belum atau menunggu perkembangan lebih lanjut,” ucapnya dalam  Pembukaan dan Seminar Nasional ISEI 2021, Jakarta, Selasa, 31 Agustus.

Lewat ketersediaan vaksin dan penurunan jumlah kasus yang signifikan, maka  penanganan pandemi terlihat sudah  berhasil. Apalagi  setelah pemberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal tersebut tercermin dari tingkat konfirmasi positif yang terus menurun sebesar 86,9 persen.

“Angka kesembuhan lebih tinggi dibandingkan dengan penambahan kasus konfirmasi positif. Penurunan bed occupancy rate (BOR) nasional 27 persen, akan tetapi kita tidak boleh lengah harus waspada. Semua harus tetap meningkatkan upaya untuk mengendalikan pandemi ini,” tutur Jokowi.

Ya, vaksin memang telah sukses menurunkan jumlah kasus itu. Namun protokol kesehatan, tetap harus dijalankan dengan ketat dan penuh disiplin. Masyarakat harus sadar akan kewajiban untuk selalu menerapkan 3M.

Ini menjadi resep paling cocok antara vaksin dan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) untuk semakin memperkuat ketahanan dan kesehatan masyarakat secara nasional.

Bahkan harus pula diterapkan 3T, testing,  tracing treatment juga harus terus digalakkan untuk semakin mengetahui dan mengendalikan sebaran dan jumlah penambahan serta penanganan secara lebih akurat.

Tiga hal tersebut kini sama penting, vaksin, 3M dan 3 T, menjadi ramuan mujarab untuk menghentikan kasus COVID-19. Tak hanya pemerintah yang harus menggalakkannya, namun masyarakat harus sadar untuk selalu mematuhinya.

Tanpa kesadaran masyarakat, sehebat apa pun langkah pemerintah tentu akan sulit untuk berhasil. So, lebih baik kita mengikuti program vaksin, melaksanakan 3M dan 3T agar negara ini segera terhindar dari pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.