Arsip Berita

September 26, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Airlangga Hartarto Harapkan Kemandirian Vaksin Nasional pada 2022

1 min read

Menko Perekonomian Airlangga hartarto sebut vaksin Merah Putih bisa hemat devisa negara.

Jakarta – Ketergantungan Indonesia pada produksi vaksin dari luar negeri masih sangat tinggi. Hal ini disebabkan produksi vaksin nasional, seperti vaksin Merah Putih, masih dalam tahap uji coba di Tanah Air.

Namun diharapkan, vaksin Merah Putih yang diuji secara klinis dan kelak bisa diproduksi oleh lembaga riset dan universitas di Tanah Air, bisa terealisasi pada tahun 2022.

“Saat ini, negara kita belum mencapai kemandirian vaksin Covid-19 atau belum dapat memproduksi vaksin sendiri. Untuk itu, pemerintah tengah mengembangkan vaksin buatan sendiri, yaitu Vaksin Merah Putih agar tidak lagi bergantung pada vaksin impor,” kata Menko Perekonomian sekaligus Ketua KPCPEN, Airlangga Hartarto, Kamis (26/08/2021) kepada media.

Lewat produksi vaksin dalam negeri, akan menghemat anggaran negara. Selain lebih murah, pemerintah tidak perlu lagi membeli vaksin dari luar negeri.

“Upaya ini sekaligus untuk menghemat devisa negara. Saat ini, pengembangan Vaksin Merah Putih menunjukkan kemajuan luar biasa. Diharapkan tahun 2022 vaksin ini sudah siap edar dan diberikan kepada masyarakat,” ucap Airlangga.

Airlangga berharap proses pembuatan vaksin itu tidak menemui kendala dan bisa segera terlaksana. Hal ini disampaikan Airlangga saat memberikan keynote speech secara virtual pada acara HUT Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ke-43 dengan tema ‘Pemulihan Ekonomi Nasional Berbasis Riset dan Inovasi”’.

“Saya harap sumbangsih BPPT dalam penanganan pandemi Covid-19, terutama dalam pengembangan Vaksin Merah Putih bisa kita rasakan hasilnya tahun 2022 nanti,” ujar Airlangga. (ary j)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.