Arsip Berita

April 19, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Airlangga Hartarto Apresiasi GeNose Produksi UGM

2 min read
“Saya sampaikan apresiasi yang tinggi dan penghargaan kepada civitas akademika UGM atas penemuan alat-alat baru yang melengkapi karya anak bangsa dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19,” ungkap Airlangga seperti dalam akun instagramnya @airlanggahartarto_official, kemarin.
ge nose, airlangga hartrato

Ketua KPCPEN Airlangga hartarto apresiasi GeNose buatan UGM.

Jakarta – Kontribusi anak bangsa dalam penanganan Covid-19 semakin nyata. Ini dilakukan oleh Universitas Gajah Mada yang  berhasil menemukan alat pendeteksi virus corona, yang dinamai GeNose.

Keberhasilan ini diapresiasi oleh Menko Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto.

Airlangga yang juga alumni Fakultas Teknik  UGM itu sempat berdiskusi bersama keluarga besar Universitas Gadjah Mada dan para alumni mengenai ‘Sumbangsih UGM dalam Penanggulangan Covid-19 melalui Penemuan Alat-Alat Kesehatan’, Minggu (24/1/2021).

“Saya sampaikan apresiasi yang tinggi dan penghargaan kepada civitas akademika UGM atas penemuan alat-alat baru yang melengkapi karya anak bangsa dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19,” ungkap Airlangga seperti dalam akun instagramnya @airlanggahartarto_official, kemarin.

Menurut Airlangga salah satu kontribusi UGM dalam membantu penanggulangan Covid-19 adalah produk inovasi GeNose yang dapat mendeteksi infeksi Covid-19 melalui hembusan nafas. “Produk ini telah teruji memberikan hasil lebih cepat dan reliabilitas tinggi dengan biaya terjangkau,” tambah Airlangga.

Tentunya alat ini merupakan sebuah terobosan karya anak bangsa yang layak diacungi jempol. Selain memudahkan dalam 3 T (tracing treatment dan testing) alat ini juga murah dan hasilnya cepat untuk bisa mendeteksi Covid-19.

Selain itu, UGM juga telah menciptakan sejumlah peralatan kesehatan lainnya, seperti face shield dan bilik swab yang dilengkapi HEPA filter, alat pengukur suhu tubuh dengan pemindai wajah, serta sejumlah produk inovatif lainnya.

“Teman-teman semua, dalam kondisi pandemi yang berat ini, saya yakin, kita semua tetap bisa memanfaatkan peluang, seperti mengembangkan sektor industri kesehatan. Peran perguruan tinggi menjadi sangat penting. Sebagaimana yang dilakukan oleh tim UGM dan kampus lainnya,” sebut Airlangga.

Pemerintah, menurut Airlangga, juga menyambut baik dan mendukung pengembangan produk riset dan inovasi di bidang kesehatan dan farmasi. Termasuk memfasilitasi kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, BUMN maupun pihak swasta demi percepatan penanggulangan pandemi Covid-19 dan kemajuan industri kesehatan dalam negeri.

“Saya harap penemuan produk-produk riset dan inovasi di bidang kesehatan di Indonesia dapat terus kita dukung, berkembang, dan bermanfaat bagi penanganan pandemi di masyarakat luas,” tulis Airlangga dalam akun medsosnya itu.

Tak lupa, meski sudah menerapkan tracing treatment dan testing, Airlangga berharap masyarakat untuk terus menjalankan disiplin protokol kesehatan. “Salam sehat dan jangan lupa tetap disiplin menerapkan 3M,” pungkas Airlangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.