Arsip Berita

Oktober 27, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Vaksinasi Covid-19 Sukses, Penanganan Covid membaik dan Pemulihan Ekonomi  Melesat

1 min read

Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto targetkan vaksinasi 80 persen dari target pada akhir 2021.

Jakarta – Pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia terus membaik. Jumlahnya bahkan terus bertambah signifikan. Bahan ketua KPCPEN Airlangga Hartarto, mentargetkan bahwa hingga akhir tahun 2021 di Indonesia, diharapkan vaksinasi ini sudah mencapai 80 persen dari targetnya, atau 153 juta orang.

“Pemerintah telah membuat roadmap, bahwa secara akumulasi kita sudah melakukan vaksinasi sebesar 158,53 juta dosis sampai Agustus. Ditargetkan 80 persen masyarakat sudah tervaksin hingga Desember,” ujar Menko Airlangga dalam webinar yang berjudul Optimisme Pemulihan Ekonomi, Rabu (29/9/2021).

Tujuan utama program vaksinasi pemerintah ini untuk menekan sekaligus memutus rantai penyebaran Covid-19. Pandemi yang telah berlangsung lebih dari 1 tahun ini telah menahan laju mobilitas masyarakat dan berdampak terhadap kinerja perekonomian nasional.

Setelah program vaksinasi berhasil dilakukan secara bertahap sejak awal tahun 2021, perekonomian nasional perlahan berangsur pulih. Bahkan jumlah penyebaran dan kasus positif hari demi hari telah mampu ditekan dengan baik. Hingga terdapat penurunan hingga 92 persen kasus dari Juli ke September 2021.

Melihat hal tersebut, Menko Airlangga mengungkapkan optimismenya terhadap pulihnya ekonomi nasional di tahun 2022. Optimisme ini tercermin dari leading indicator sektor eksternal yang menunjukkan resiliensi yang baik di semester I 2021.

“Indikator sektor eksternal Indonesia menunjukkan kondisi yang relatif baik dan terkendali,” ungkap Airlangga.

“Yaitu tercermin dari defisit transaksi berjalan yang rendah, cadangan devisa yang terus meningkat, ekspor impor yang naik signifikan, nilai tukar rupiah dan IHSG yang terjaga, yield obligasi pemerintah yang melandai, dan rasio utang luar negeri terhadap PDB dalam level aman,” ujar Airlangga.

Kesuksesan vaksinasi dan penanganan Covid-19, terbukti secara nyata telah membuat perekonomian nasional pulih. Indonesia tahun depan diprediksi akan bangkit dengan pertumbuhan ekonomi positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.