Arsip Berita

Oktober 24, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Produktivitas Melimpah Sawit Indonesia Buat Iri Banyak Negara

1 min read
sawit Indonesia

Indonesia hingga kini masih tercatat sebagai penghasil atau produsen kelapa sawit terbesar di dunia. Reputasi itu telah membuat banyak negara seperti cemburu dengan berkah ekonomi dan luas tanah perkebunan sawit Indonesia.

Menko Perekonomian Darmin Nasution juga mengatakan produktivitas kelapa sawit jauh lebih besar dari komoditas lain. Produk minyak goreng dari sawit, jauh lebih tinggi. Bahkan apabila dibandingkan dengan bahan dasar minyak goreng dari biji bunga matahari dan kedelai.

Dengan produktivitas sawit Indonesia ini banyak negara yang merasa iri dengan Indonesia. Tak heran muncul berbagai larangan dan kampanye-kampanye negatif mengenai penggunaan kelapa sawit. Hal ini terutama dilakukan oleh negara-negara Uni Eropa yang selama ini dikenal sebagai penghasil minyak goring dari biji bunga matahari dan kedelai.

“Di antara semua tanaman yang menghasilkan minyak, kelapa sawit Indonesia produktivitasnya empat kali lipat,  bukan kebetulan banyak sekali pihak yang enggak nyaman melihat komoditas yang satu ini,” kata Darmin di Jakarta, Senin (20/8/2018).

Pajak Sawit Indonesia

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini mengatakan banyak negara pengguna kelapa sawit merasa produk kelapa sawit terlalu kompetitif dibanding komoditas lainnya yang menghasilkan minyak. Hal ini makin kompleks manakala negara seperti Amerika Serikat mengambil langkah untuk menghambat kelapa sawit.

Menurut Darmin, India pun telah menerapkan bea masuk yang cukup tinggi untuk minyak kelapa sawit. Tidak tanggung-tanggung India menerapkannya hingga 44 persen. Dengan tindakan dari AS dan India terhadap kelapa sawit tentu mengharuskan Indonesia untuk mencari pangsa pasar baru. Kelapa sawit Indonesia yang selama ini untuk komoditas ekspor coba akan dialihkan untuk memenuhi kebutuhan Biodiesel nasional.

Jika program Biodiesel 20, hingga Biodiesel 30 itu sukses dilakukan, maka serapan minyak kelapa sawit untuk kebutuhan nasional akan sangat tinggi. Hal ini membuat harga kelapa sawit akan menjadi stabil dan Indonesia akan mampu menghemat devisa nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.