Arsip Berita

Oktober 24, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Kapal Pengangkut Biodiesel Terus Diusahakan Samudera Indonesia

1 min read
kapal pengangkut biodiesel, biodiesel

Kapal pengangkut biodiesel terus ditambah.

Salah satu kendala dalam program mandatori Biodiesel 20 adalah masalah transportasi dan penyalurannya. Untuk mengatasi hal itu sejumlah cara termasuk menambah armada kapal pengangkut biodiesel terus dilakukan. Kini PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) juga berencana menambah kapal pengangkut biodiesel. Saat ini jumlah kapal SMDR yang mengangkut biodiesel sebanyak lima unit.

Menurut Direktur SMDR Bani M. Mulia pihaknya saat ini sedang memesan dua unit tambahan kapal khusus mengangkut biodiesel. “Satu dalam pembuatan di Jepang satu lagi sedang proses negosiasi,” kata Bani.

Kapal yang kini dalam proses perakitan di Jepang diperkirakan mulai beroperasi pada tahun depan. Sementara satu kapal yang kini masih proses negosiasi diperkirakan baru beroperasi pada 2020.  Bani menambahkan nilai investasi SMDR pada dua kapal tersebut diperkirakan mencapai sebesar US$ 35 juta.

Kebijakan pencampuran minyak sawit dalam bahan bakar mesin diesel atau biodiesel 20% (B20) bukan menjadi alasan PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) menambah kapal angkut biodieselnya. Meski penambahan ini tak terkait dengan program Biodiesel Pemerintah namun hal itu tentu dirasakan sangat menunjang kepentingan Penyaluran biodiesel yang terus mengalami kenaikan permintaan.

Bani sendiri mengatakan penambahan kapal angkut biodiesel dilakukan murni karena adanya peningkatan permintaan. “Tidak terkait kebijakan B20,” terangnya.

Kapal pengakut Biodiesel sendiri menjadi kebutuhan yang mendesak setelah pemerintah menjalankan program mandatori biodiesel. Saat ini di Indonesia bagian timur, terdapat kendala yang cukup besar untuk menambah jumlah pasokan biodiesel.

Terlebih PLTD yang banyak dibangun oleh PLN di bagian timur wilayah Indonesia sangat berharap adanya pasokan biodiesel yang kontinu. Untuk itu, ketersediaan kapal pengakut biodiesel menjadi sangat vital bagi pembangkit listrik yang juga diharuskan menggunakan biodiesel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.