Arsip Berita

Oktober 27, 2021

SEPATAH.COM

INFO TERKINI & TERPOPULER DARI PENJURU INDONESIA

Eropa Tak Punya Pilihan Selain Harus Menerima Sawit

1 min read

Bisnis/Thomas Mola

UNI Eropa dinilai tak punya pilihan lain selain harus menerima produk kelapa sawit. Sangat sulit bagi Eropa untuk memproduksi minyak nabati dari bahan lain selain kelapa sawit karena dibutuhkan lahan yang sangat luas. Sedangkan Eropa tidak memiliki banyak lahan yang tersedia.

Sejauh ini kelapa sawit merupakan minyak nabati paling produktif sekaligus efisien dalam penggunaan lahan. Kondisi itulah yang harus dijawab jika Uni Eropa ingin melarang penggunaan minyak sawit.

“Apa mereka tidak harus memperluas lahan atau membuka hutan? Kita dibilang tidak boleh deforestasi, sekarang kalau dia mau ganti, satu-satunyanya jalan mereka harus buka hutan. Harus ada mutual understanding and mutual respect karena kepentingan bersama,” ujar Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Dono Boestami di Jambi, sebagaimana diberitakan Bisnis.com, (17/4/2018).

Dono menuturkan Uni Eropa merupakan pasar CPO ketiga terbesar setelah India dan China sehingga relasi yang dibangun ialah sama-sama membutuhkan. Indonesia membutuhkan pasar, sedangkan Uni Eropa membutuhkan produk CPO Indonesia.

Dia mengklaim semua perkebunan kepala sawit di Tanah Air telah mengelola perkebunan sesuai dengan standar dan kualitas yang baik. Hal itu bertujuan menjamin keberlangsungan kebun sekaligus merawat ekosistem lingkungan.

“Sekarang kita ini kurang transparan apa? Itu kan boleh dikatakan melihat dapur sawit kita,” imbuhnya. *** (Foto: Bisnis/Thomas Mola)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright sepatah.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.